top of page
  • Millenium Canda Purnama

Yuk Kenali & Hindari Web Phising!

Sobat BRI, saat ini dunia telah berkembang serta banyak sekali kemajuan dibidang teknologi yang bisa membantu kita. Tapi semakin berkembangnya teknologi yang ada, terdapat juga banyak modus yang bisa dilakukan pelaku kejahatan dengan memanfaatkan kelemahan manusia dan teknologi. Wah, kalau begitu apa yang harus kita lakukan? Yuk perhatikan kiat aman berikut.



Apa itu Web Phising ?

Web Phising adalah situs yang dirancang menyerupai situs asli perusahaan atau bank yang dipergunakan untuk melakukan penipuan dengan percobaan mendapatkan informasi data transaksi nasabah seperti Nomor Rekening, Nomor Kartu ATM, PIN, CVV/CVC dan data data penting lainnya. Tujuan utama pelaku adalah untuk mencuri informasi data pribadi.

Kiat Aman Terhindar Web Phising

Sobat BRI, agar kamu terhindar dari kejahatan Web Phising, yuk perhatikan beberapa kiat aman berikut :

  • Selalu lakukan pengecekan terhadap alamat web yang kamu kunjungi.

  • Pastikan URL yang diakses memiliki akhiran .com atau .id dan juga terdapat tanda gembok.

  • Jangan pernah mengklik link dari email atau SMS mencurigakan.

  • Lakukan pemeriksaan akun kamu secara rutin dan selalu cek mutasi rekening kamu.

  • Waspadai link palsu atau pihak yang mengatasnamakan BRI, apalagi sampai meminta data pribadi kamu. Ingat, BRI tidak pernah meminta data pribadi kepada nasabah.

  • Jaga selalu kerahasiaan data transaksi kamu seperti Nomor Kartu, PIN, username, password, kode CVV/CVC, OTP dan masa berlaku kartu.

  • Jika kamu ingin mengunjugi website BRI pastikan kamu ke alamat bri.co.id dan jika ingin mengunjungi Internet Banking BRI pastikan ke alamat ib.bri.co.id selain dari alamat tersebut maka dapat dipastikan alamat tersebut merupakan web phising.

Modus Menghubungi Nasabah Sebagai Pemenang Program Fiktif

Modus yang kerap kali muncul sebagai phising adalah penipu mengaku sebagai pihak resmi BRI memberikan pesan yang berisikan bahwa seolah-oleh nasabah telah memenangkan hadiah dari BRI yang kemudian mengarahkan nasabah menuju link website palsu.


Penipu mengirimkan pesan palsu salah satunya melalui direct message Instagram nasabah. Pesan tersebut menjelaskan bahwa nasabah telah memenangkan salah satu program fiktif yang dibuat penipu. Dalam pesan tersebut nasabah juga diarahkan untuk membuka link website palsu yang akan digunakan penipu untuk bisa mengakses data transaksi nasabah.

Abaikan pesan yang dikirim oleh akun palsu yang mengatasnamakan BRI


Jangan Ragu Segera Laporkan Segera laporkan apabila menemukan akun palsu. Karena dengan melaporkan akun tersebut, kamu bisa menjadi pahlawan buat diri kamu dan orang lain. Hubungi Contact BRI di 14017/1500017 atau mengirim email ke callbri@bri.co.id

75 views

Related Posts

See All
bottom of page